Jumantik Cilik SDN 2 Waru

Demam Berdarah Dengue ( DBD) adalah masalah lingkungan yang bersumber dari nyamuk dan adanya pembiaran sarang nyamuk oleh setiap orang. Untuk memutus mata rantai penyebaran DBD di lingkungan sekolah, Tim kesehatan Puskesmas kecamatan Slogohimo bekerja sama dengan Tim PKK desa Waru kecamatan Slogohimo mengadakan sosialisasi tentang Jumantik di SD Negeri 2 Waru pada hari Rabu, 10 April 2019

Apa itu Jumantik? Jumantik adalah singkatan dari juru pemantau jentik. Jadi dalam hal ini anak-anak kelas 3 sampai 6 akan dilibatkan untuk membantu tim kesehatan memantau keadaan kebersihan di lingkungan sekolah dan di dilingkungan rumah masing-masing, terutama di tempat-tempat yang biasa  menjadi sarang nyamuk seperti di bak mandi yang juarang dikuras, genangan air di sampah kaleng, pot bunga, ban bekas dan tempat lainnya yang memungkinkan menjadi sarang nyamuk. Tugas jumantik lainnya adalah melakukan 3 M + dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), yaitu menutup tampungan air atau sumber air, menguras bak mandi dan mendaur ulang barang bekas. Hasilnya akan ditulis dan dilaporkan ke tim PKK dan akan diteruskan ke tim kesehatan puskesmas.

Dengan upaya ini, maka diharapkan dapat mengurangi perkembangbiakan nyamuk Aides Aigepty sehingga warga terbebas dari ancaman DBD.