Kisi Kisi Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2020/2021

PILIHAN GANDA 

  1. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan jumlah paragraf pada teks bacaan dengan benar.

 

  1. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat mengidentifikasi gagasan pokok pada paragraf tertentu dengan benar.

 

  1. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menemukan gagasan pendukung pada paragraf tertentu dengan benar.

 

  1. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai kalimat penjelas pada paragraf tertentu dengan benar.

 

  1. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya dengan tepat.

 

  1. Disajikan teks visual, peserta didik dapat mengidentifikasi sebuah gambar dari teks visual yang diamati dengan terperinci dengan benar.

 

  1. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf dengan benar.

 

  1. Disajikan tabel tentang unsur instrinsik cerita, peserta didik dapat mengidentifikasi unsur instrinsik teks nonfiksi dengan tepat.

 

  1. Disajikan teks puisi anak dan deskripsi tentang rima, peserta didik dapat mengidentifikasi rima pada bait puisi dengan tepat.

 

  1. Berdasarkan teks puisi anak yang disajikan, peserta didik dapat menjelaskan isi yang terkandung dalam puisi dengan benar.

 

  1. Disajikan sebuah teks paragraf, peserta didik dapat menentukan ide pokok pada paragraf secara tepat.

 

  1. Disajikan gambar iklan media cetak, peserta didik dapat mengidentifikasikan kata kunci pada iklan media cetak.

 

  1. Disajikan deskripsi singkat tentang iklan, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri bahasa iklan dengan tepat.

 

  1. Disajikan teks narasi sejarah, peserta didik dapat menjelaskan ide pokok paragraf dengan menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan benar.

 

  1. Disajikan contoh pantun rumpang, peserta didik dapat menentukan baris isi pantun rumpang dengan tepat.

 

  1. Disajikan sebuah paragraf/teks nonfiksi, peserta didik dapat menjelaskan informasi sebuah teks secara tepat.

 

  1. Disajikan sebuah paragraf/teks nonfiksi, peserta didik dapat mengidentifikasi ide pokok paragraf dengan benar.

 

  1. Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi urutan peristiwa dalam bacaan dengan benar.

 

  1. Disajikan sebuah urutan peristiwa yang diacak, peserta didik dapat mengurutkan peristiwa tersebut dengan tepat

 

  1. Dengan kegiatan mengamati gambar lukisan,siswa dapat mengidentifikasi gambar benda isi iklan dengan tepat.

 

  1. Disajikan kalimat sederhana peserta didik dapat menentukan antonim dalam teks

 

  1. Disajikan sebuah teks bacaan peserta didik dapat menentukan gagasan utama paragraf dengan benar

 

  1. Disajikan sebuah teks laporan pengamatan , peserta didik dapat menentukan topik yang sesuai dengan benar

 

  1. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat tanya yang tepat dengan isi paragraph dengan benar

 

  1. Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat efektif dengan benar

 

  1. Peserta didik dapat mengguakan kosakata baku dalam kalimat dengan benar

 

  1. Peserta didik dapat menjalaskan tentang pengertian teks eksplanasi.

 

  1. Disajikan petunjuk penggunaan sesuatu secara acak, peserta didik dapat mengurutkan petunjuk penggunaan pensil mekanik dengan tepat.

 

  1. Disajikan sebuah gambar formulir, peserta didik dapat menentukan jenis formulir tersebut dengan benar

 

  1. Disajikan gambar sebuah slip pembayaran dibank, peserta didik dapat mengisi salah satu isian slip dengan tepat

 

  1. Disajikan dua teks sederhana, peserta didik dapat menentukan persamaan dan perbedaan kedua teks tersebut

 

  1. Disajikan sebuah teks cerita peserta didik dapat menentukan kesimpulan cerita dengan tepat

 

  1. Disajikan sebuah kalimat peserta didik dapat melengkapi kata bentukan dengan tepat

 

  1. Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat menentukan kata kunci berdasarkan teks dengan tepat

 

  1. Disajikan teks pidato, peserta didik dapat melengkapi dengan kata yang tepat

 

  1. Disajikan teks pidato, peserta didik dapat menentukan isi pidato dengan tepat.

 

  1. Disajikan gambar, peserta didik dapat melengkapi kalimat iklan berdasarkan gambar

 

  1. Disajikan sebuah bacaan peserta didik dapat menentukan jenis teks fiksi atau non fiksi dengan tepat

 

  1. Disajikan sebuah cerita, peserta didik dapat memperoleh informasi dari cerita tersebut dengan benar

 

  1. Disajikan sebuah cerita, peserta didik dapat menentukan latar tempat penggalan cerita dengan benar.

 

  1. Disajikan sebuah cerita peserta didik dapat menentukan watak tokoh dalam cerita tersebut dengan benar.

 

  1. Peserta didik dapat menentukan amanat cerita pada sebuah teks cerita dengan benar

 

  1. Disajikan sebuah cerita peserta didik dapat menemukan keteladanan tokoh utama dengan benar

 

  1. Disajikan sebuah gambar Makhluk Hidup peserta didik dapat mendeskripsikan gambar tersebut dengan benar

URAIAN

  1. Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menentukan paragraph deskripsi dengan tepat

 

  1. Dengan kegiatan mengamati gambar iklan televisi yang disajikan, peserta didik dapat menjelaskan informasi-informasi penting dan isi iklan dengan tepat.

 

  1. Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri pantun dengan tepat.

 

  1. Disajikan sebuah kutipan cerita, peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik cerita dengan benar

 

  1. Disajikan sebuah teks bacaan peserta didik dapat menuliskan informasi penting dari teks tersebut dengan benar

 

  1. Peserta didik dapat menyusun kalimat pembukaan pidato dengan benar