Pilihan Ganda
- Peserta didik dapat menyebutkan perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila.
- Peserta didik dapat menyebutkan nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila
- Peserta didik dapat menyebutkan kewajiban warga untuk lingkungan sekitar
- Disajikan sebuah gambar sebuah keluarga, siswa dapat menyebutkan hak anak pada keluarga tersebut.
- Peserta didik dapat menyebutkan sikap menghargai keragaman di lingkungan keluarga
- Peserta didik dapat menyebutkan contoh keberagaman individu dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan asal salah satu suku di Indonesia dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan sikap menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah dengan benar.
- Disajikan tabel tarian daerah, peserta didik dapat memasangkan dengan tepat nama tarian dan asal daerah dengan benar.
- Disajikan gambar alat musik tradisional, peserta didik dapat menyebutkan asal daerah alat musik dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan tanggal penting dalam peristiwa lahirnya Pancasila dengan benar.
- Peserta didik dapat menunjukkan gambar tokoh dalam peristiwa penting lahirnya Pancasila dengan benar.
- Peserta didik dapat menunjukkan lambang sila dalam Pancasila yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan salah satu hak yang dimiliki seorang anak dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan pasal dalam UUD 1945 yang memuat hak warga negara dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan kewajiban seseorang terhadap lingkungan dengan benar.
- Peserta didik dapat menunjukkan faktor penyebab keragaman di Indonesia dengan benar
- Peserta didik dapat menyebutkan semboyan yang dapat mengatasi berbagai perbedaan yang ada di Indonesia dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan sikap yang tepat menghadapi keragaman budaya yang ada di Indonesia dengan benar.
- Peserta didik dapat menjelaskan alat pemersatu bangsa dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan salah satu wujud toleransi dengan benar.
- Disajikan tabel nilai-nilai Pancasila, peserta didik dapat menganalisis nilai yang terkandung dalam sila tertentu dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dengan benar.
- Peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan kemanusiaan yang adil dan beradab di lingkungan tertentu dengan benar.
- Peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang sesuai sila keempat Pancasila dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan manfaat mengamalkan sila dalam Pancasila denga benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan kedudukan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan salah satu hak yang dimiliki oleh seorang siswa dengan benar.
- Disajikan tabel kewajiban, peserta didik dapat mengelompokkan yang merupakan kewajiban seorang siswa di lingkungan sekolah dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan sikap yang menunjukkan mematuhi peraturan perundang undangan dengan benar.
- Peserta didik dapat menentukan salah satu jenis hak asasi sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan pelaksanaan tanggung jawab dan dampaknya terhadap bangsa dan negara dengan tepat.
- Peserta didik dapat menyebutkan salah satu bentuk tanggung jawab terhadap hasil keputusan bersama dengan benar
- Peserta didik dapat menjelaskan sikap yang tepat menanggapi keberagaman budaya di Indonesia dengan benar.
- Peserta didik dapat menjelaskan sikap menghormati antar umat beragama dengan benar.
- Peserta didik dapat menjelaskan akibat kurangnya interaksi lingkungan dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan dampak positif keberagaman budaya yang ada di Indonesia dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan salah satu unsur penting dalam membangun kebudayaan suatu daerah dengan benar.
- Peserta didik dapat menjelaskan makna budaya di suatu daerah dengan benar. Disajikan gambar seni budaya, peserta didik dapat
- menyebutkan sikap yang tepat terkait kegiatan tersebut dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan peranan seorang siswa dalam menjaga persatuan dan kesatuan di suatu lingkungan dengan benar.
- Disajikan ilustrasi kegiatan, peserta didik dapat menyebutkan perilaku warga masyarakat yang menunjukkan perwujudan dari makna Bhinneka Tunggal Ika
- Disajikan beberapa contoh perilaku dari seorang anak, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
- Peserta didik dapat menyebutkan manfaat menjaga persatuan dan kesatuan dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan benar.
Isian
- Peserta didik dapat menyebutkan hak dasar seorang anak dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat dalam Pancasila dengan benar.
- Peserta didik dapat menjelaskan makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika dengan benar.
- Peserta didik dapat menjelaskan cara untuk menjaga kelestarian budaya daerah dengan benar.
- Peserta didik dapat menjelaskan makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dengan benar.