PILIHAN GANDA
- Disajikan gambar bagian tubuh tumbuhan, peserta didik dapat menyebutkan nama dan fungsi bagian tersebut
- Disajikan ilustrasi/ gambar, peserta didik dapat menerapkan energi alternatif dan cara penggunaannya
- Peserta didik dapat menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung
- Disajikan gambar sifat cahaya, peserta didik dapat menganalisis sifat cahaya tersebut
- Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat mencontohkan cara menjaga keseimbangan lingkungan
- Disajikan tabel daftar makhluk hidup, peserta didik dapat membandingkan makhluk hidup berdasarkan siklus hidup/metamorfosis
- Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis gaya yang dimanfaatkan pada alat tertentu
- Peserta didik dapat menganalisis pengaruh gaya terhadap gerak, arah, bentuk benda dalam kehidupan sehari-hari
- Disajikan tabel, peserta didik dapat memasangkan alat gerak dan fungsinya pada hewan
- Disajikan gambar alat pernapasan manusia, peserta didik dapat menyebutkan fungsi bagian yang ditunjuk
- Disajikan gambar sistem pencernaan makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi bagian yang ditunjuk
- Peserta didik dapat mengidentifikasi aliran darah pada peredaran darah besar atau peredaran darah kecil.
- Disajikan gambar rantai makanan yang rumpang, peserta didik dapat menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap
- Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan benda-benda yang termasuk isolator atau konduktor panas
- Peserta didik dapat memberi contoh perubahan wujud benda
- Peserta didik dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu tahap daur air
- Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan bagian alat gerak atas
- Disajikan gambar hewan, peserta didik dapat menyebutkan alat pernapasan hewan
- Disajikan tabel cara perkembangbiakan, peserta didik dapat menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan tertentu
- Peserta didik dapat memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakan dengan cara vegetatif buatan/ alami
- Peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/ hewan dengan cara perekembangbiakannya yang disajiakan dalam tabel
- Peserta didik dapat menentukan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan yang disajikan dalam tabel
- Peserta didik dapat memberikan contoh ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan
- Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan alat reproduksi
- Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
- Peserta didik dapat memberi contoh salah satu bentuk adaptasi makhluk hidup
- Disajikan beberapa ilustrasi, peserta didik dapat mengelompokkan hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
- Disajikan gambar percobaan magnet, peserta didik dapat menentukan sifat magnet yang dibuktikannya dengan tepat
- Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menggelompokkan sifat magnet
- Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menganalisis kemungkinan yang terjadi jika salah satu lampu pada rangkaian listrik seri/ paralel padam
- Disajikan tabel, peserta didik dapat mengelompokkan yang termasuk kelemahan rangkaian seri
- Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengelompokkan yang termasuk planet dalam
- Disajikan ciri-ciri suatu planet, peserta didik dapat mengidentifikasi nama planet berdasarkan ciri tersebut dengan benar
- Disajikan tabel peristiwa bumi, peserta didik dapat menetukan peristiwa yang merupakan akibat rotasi/ revolusi bulan/ bumi dengan tepat
- Disajikan gambar skema gerhana, peserta didik dapat menentukan gerhana dengan tepat
URAIAN
- Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan tahapan metamorfosis yang merugikan/ menguntungkan
- Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam perpindahan kalor
- Peserta didik dapat menjelaskan cara pembuatan magnet dengan tepat
- Peserta didik dapat menyebutkan komponen yang diperlukan dalam membuat rangkaian listrik sederhana
- Peserta didik dapat menjelaskan salah satu ciri planet dengan benar